Mengapa Beruang Tumbuh Besar

Dikisahkan seekor beruang yang bertubuh besar dengan sabar sedang
menunggu seharian di tepi sungai deras. Saat itu memang tidak sedang
musim ikan. Sejak pagi hari ia berdiri di sana mencoba meraih ikan yang
meloncat keluar air. Namun, tak satupun juga ikan yang berhasil ia
tangkap. Setelah berkali-kali mencoba, akhirnya... Tapp... ia dapat
menangkap seekor ikan kecil. Ikan yang tertangkap menggelepar-gelepar
dan menjerit ketakutan.

Si ikan kecil itu meratap pasrah pada sang beruang, "Wahai beruang,
tolong lepaskan aku."

"Mengapa," tanya sang beruang.
"Tidakkah engkau lihat, aku ini terlalu kecil, bahkan bisa lolos lewat
celah-celah gigimu," rintih sang ikan.

"Lalu kenapa?" tanya beruang lagi.
"Begini saja, tolong kembalikan aku ke sungai. Setelah beberapa bulan
aku akan tumbuh menjadi ikan yang besar. Di saat itu kau bisa
menangkapku dan memakanku untuk memenuhi seleramu," kata ikan.

"Wahai ikan, kau tahu mengapa aku bisa tumbuh begitu besar?" tanya
beruang.
"Mengapa?" ikan balas bertanya sambil menggeleng-geleng kepalanya.
"Karena aku tak pernah menyerah walau sekecil apa pun keberuntungan yang
telah tergenggam di tangan!" jawab beruang sambil tersenyum mantap.

"Ops!" teriak sang ikan.
Bila kita menghargai kesempatan yang kecil, maka ia akan menjadi sebuah
kesempatan yang besar.

(Dikisahkan kembali dari Tsai Chih Chung, The Illustrated Heart Sutra)

Posting Komentar